Work From Home, Ini Cara untuk Koneksi Stabil di Rumah

Work From Home, Ini Cara untuk Koneksi Stabil di Rumah

Bekerja dari rumah atau sering disebut work from home merupakan salah satu kegatan yang dicanagkan oleh pemerintah Indonesia di tengah endemi COVID-19 ini. Mekanisme sistem bekerja dari rumah memanfaatkan jaringan (online) seperti mengirimkan hasil pekerjaan dengan menggunakan pesan elekronik hingga melakukan pertemuan atau rapat menggunakan konferensi video. Cara kerja seperti ini tentu saja mengandalkan koneksi internet yang kuat dan stabil.

Tak dapat dipungkiri tuntutan terhadap koneksi yang kuat dan stabil ini kadangkala terganggu oleh cuaca Indonesia yang tidak menentu. Hujan yang tiba-tiba datang kerap kali mengganggu konektifitas saat bekerja. Apalagi kerja yang dilakukan secara remote atau dioperasikan jarak jauh. Untuk menjaga koneksi tetap stabil di rumah, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan :

1. Letakkan modem pada posisi terbaik di rumah anda

Letak perangkat komunikasi anda sebaiknya tidak terlalu jauh dari sumber jaringan anda. Semakin jauh jarak perangkat anda terhadap sumber jaringan, maka semakin lemah sinyal yang anda terima.

2. Coba untuk menghindari gangguan

Sinyal internet ataupun sinyal jaringan mengirim dan menerima data melalui media gelombang mikro. Lemah dan kuatnya sinyal seringkali dipengaruhi oleh media pengiriman tersebut. Apabila gelombang mikro tersebut terhalangi atau terpengaruh oleh sumber-sumber eksternal di sekitarnya, maka data yang dikirmkan dapat membutuhkan waktu yang lebih lama atau bahkan data hanya terkirim sebagian. Hal pertama yang dapat mengganggu sinyal yaitu dinding. Dinding beton maupun dinding batu bata dapat mengubah arah gelombang dari server ke receiver. Selain itu, hal lain yang dapat mengganggu sinyal yaitu benda-benda elektronik seperti kulkas, mesin cuci dan microwave. Benda-benda elektronik tersebut juga bekerja dalam gelombang mikro, sama halnya dengan koneksi internet. Sehingga, pengiriman data akan terhambat. Satu hal lagi yang harus dijauhkan agar tidak mengganggu sinyal yaitu cermin. Cermin dapat memantulkan sinyal secara tidak beraturan dan hal ini tentu berpengaruh pada koneksi.

3. Pastikan jaringan anda aman

Untuk memastikan bahwa koneksi internet aman dapat menggunakan password atau kata kunci. Pastikan agar password ini hanya anda dan orang-orang yang anda percaya yang tahu. Ubah password secara berkala. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak oleh orang pada umumnya. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter dalam membuat password dengan tingkat keamanan yang tinggi.

4. Kendalikan penggunaan bandwidth

Bagi yang belum paham tentang bandwidth, bandwidth yaitu lebar pita koneksi yang digunakan. Bandwidth ini dapat dialokasikan kepada yang lebih membutuhkan. Perlu anda ketahui bahwa online gaming dan streaming film membutuhkan bandwidth yang lebih besar. Jika anda menggunakan koneksi yang sama dengan orang lain yang sedang online gaming atau streaming film tersebut, bisa jadi anda mendapatkan bandwidth yang lebih kecil. Akibatnya, koneksi anda tidak maksimal bahkan bisa jadi layanan yang diperoleh menjadi buruk.

5. Jadwalkan waktu penghidupan ulang (reboot)

Menyalakan ulang atau disebut juga reboot dapat dilakukan secara berkala. Jaringan internet di rumah anda dapat disetel ulang dan koneksi akan menjadi lebih baik. Apabila jam penggunaan padat, maka proses reboot dapat dilakukan saat malam hari atau ketika tidak ada yang memerlukan koneksi tersebut.

6. Hindari penggunaan internet secara bersamaan

Apabila anda merupakan salah satu bagian dari keluarga yang besar dan juga mengonsumsi internet dengan aktif setiap harinya, bisa jadi dalam suatu saat jaringan anda overload. Ini terjadi karena ada banyak pengguna yang menggunakan jaringan tersebut secara bersamaan. Saat jaringan overload, maka yang terjadi adalah koneksi melambat bahkan koneksi terputus secara tiba-tiba. Sehingga yang perlu dilakukan yaitu mematikan peralatan yang sedang tidak digunakan dan memprioritaskan kerja yang lebih penting.

Itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan agar koneksi internet tetap stabil selama berada di rumah. Work from home tetap dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, agar konektifitas internet lebih terjamin, anda dapat memasang Penguat Sinyal Operator GSM / Repeater 2G, 3G, 4G LTE Indoor & Outdoor di rumah anda dari perusahaan kami. Jaringan smartphone anda akan tetap kuat dan stabil saat melakukan work from home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *